Minggu, 08 Januari 2012 7 komentar

Serunya....Magang di Industri Farmasi -Hari ke-1 sampai ke-7-

Sesuai dengan kalender akademik, mahasiswa program profesi apoteker di  kampus dijadwalkan melaksankan PKL (istilah kerennya dalam farmasi --> PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker). *Red: Selanjutnya disebut KP) selama dua bulan mulai tanggal 2 Januari-24 februari 2012. Sistem penempatan lokasi KP pun di sini tergolong aneh, sistemnya undian.. Yap, jadi mujur-mujur nya tangan kita saja biar dapet tempat KP yang bonafide. hehe
Kebetulan saya mendapat tempat KP di daerah Bandung. Meskipun saya baru mendengar pertama kali nama industri tempat saya KP ini, setidaknya saya lega rmendapatkan tempat KP di Bandung, karena ribet rasanya kalau harus KP di luar kota..
Hari kedua setelah tahun baru menjadi hari pertama saya KP, sebenarnya saya masih ingin merasakan euforia liburan : seneng2, santai2, bangun siang, etc. Kalau sudah KP bakal disibukkan dengan tugas khusus, nulis laporan, dan nulis buku harian. Pokoknya kebahagiaan yang saya rasakan selama liburan lenyap, ahaha..

Ini dia cover buku harian yang harus saya tulis setiap malam selama dua bulan ke depan :D

Berikut 5 hari pertama kegiatan saya selama KP di Industri Farmasi.
DAY 1,
Yang namanya hari pertama pasti tidak ada yang mau terlambat, termasuk saya..saking tidak mau terlambat, saya berangkat pagi2 agar tidak terkena macetnya kota Bandung.. Dasar sial, ternyata saya berangkat terlalu pagi, masuk jam8.. jam7 saya sudah sampai di tempat KP.. Padahal satpam2nya masih baris untuk apel pagi -__-'
Hari pertama, saya diminta mengisi biodata rekruitmen pegawai baru (hubungannya sama magang?? saya tidak tahu juga, haha). Kemudian bertemu dengan HRD-nya dan dijelaskan mengenai peraturan disana.
Setelah itu bertemu dengan General Manager (GM), beliau menjelaskan banyak hal mengenai visi, misi, tujuan dan awal mula berdirinya pabrik yang sekarang sudah berkembang pesat. Terakhir saya bertemu dengan R&D (Research and Development) Manager.

DAY 2,
Ada 2 tempat yang saya kunjungi hari ini: bagian gudang/PPIC (Production and Planning Inventory Control) dan Produksi khusus sediaan solida (tablet dan kapsul). Saya skip saja ya tentang bagian gudangnya, soalnya lebih seru di bagian produksi. hehe.
Di bagian produksi, akhirnya saya bisa melihat langsung bentuk ruang produksi seperti apa, karena selamaa ini hanya mendapat gambaran dari dosen Farmasi Industri tentang ruangan produksi yang memenuhi CPOB. Seribet persyaratan ruangan produksi, tatacara masukpun juga sama ribetnya.. mulai dari memakai sepatu, baju dan penutup kepala khusus, sampai cara mencuci tangan dengan baik dan benar.. Pintu masuk laki-laki dan wanita pun dibuat terpisah dan masing2 melalui beberapa tahapan pintu. Sedikit ada perkembangan  lah ya, dari yang cuma tahu cara membuat tablet secara konvensional dalam jumlah sedikit.. sekarang sudah tahu proses membuat tablet dengan alat-alat modern dalam skala besar. haha.

DAY 3,
Dari jam 8 sampi jam 4.30, standby dibagian produksi tapi khusus sediaan semisolida dan likuida baik non-steril (suspensi, sirup, krim, suppositoria/ovula) dan steril (ampul, infus, vial). Lebih ribet dari ruang produksi sediaan solida baik dari segi pakaian pekerja, ruangan, dan sistem/alat produksi ya (apalagi bagian steril.. di dalam ruangannya sampai ada tempat laundry baju khusus untuk sepatu dan baju produksi steril dan deterjen yang digunakan adalah yang ramah lingkungan.. sampai sekarang masih penasaran euy sama merk deterjennya, hehe). Setelah itu, diajak berkeliling ruang produksi turunan penisilin dan sefalosporin yang letaknya khusus dan di gedung yang terpisah satu sama lain.

Seperti ini baju khusus produksi sediaan solida dan semisolida (untuk bagian steril, kata bapaknya bajunya terbuat dari kain linfri yang mahal, sempet googling terbuat dari bahan dasar apa si kain linfri ini tapi gak dapet hehe)

DAY 4, 
Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA) adalah tempat yang kami kunjungi di hari keempat ini.
Quality Control (QC) lab. terdiri dari lab. mikrobiologi dan lab. analisis dan dilengkapi dengan berbagai alat seperti HPLC, alat uji disolusi, karl fischer titrator, spektrofotometri, friabilitas, etc. Serasa balik ke jaman waktu praktikum di S1 dl, semua karyawannya memakai jas praktek berwarna putih, haha.
Sedangkan di bagian QA tidak ada ruangan dengan ciri khas khusus seperti di bagian QC ato  bagian produksi, yang ada hanya tumpukan dokumen seperti batch record dan validasi :D

DAY 5,
Bagian terakhir yang saya kunjungi adalah bagian teknik, bapak managernya menjelaskan banyak hal salah satunya mengenai sistem AHU (Air Handing Unit), cara mendapatkan PW (Pure Water) dan WFI (Water For Injection), dan proses pengolahan limbah ramah lingkungan. Pokoknya jelas dan mengerti sampai ke akarnya setelah dijelasin bapaknya, Sempat berpikir kenapa bapaknya tidak jadi dosen saja ya, haha.

Itu pengalaman di minggu pertama saya KP, masih ada sekitar 6 minggu untuk magang.. Semoga minggu depan lebih baik lagi :) :D
Baca Sebelumnya : EPILOG; GOODBYE 2011

7 Response to Serunya....Magang di Industri Farmasi -Hari ke-1 sampai ke-7-

Anonim
15 Januari 2012 pukul 01.25

semangat & sukses bwt PKPA nya mas PA'i, kyknya seru ya,hehehe

Anonim
26 Desember 2012 pukul 15.39

Thanks a lot for sharing this with all of us you actually know what you're talking about!

Bookmarked. Please also visit my site =). We could have a link exchange contract between us!
Feel free to surf my blog post : http://www.mindiam.com/

Anonim
26 Desember 2012 pukul 17.27

I'm truly enjoying the design and layout of your site. It's a very easy
on the eyes which makes it

much more enjoyable for me to come here and visit more often.
Did you hire out a designer to create

your theme? Excellent work!
Also see my webpage: mexiko-lexikon.de

Anonim
26 Desember 2012 pukul 17.54

After examine a couple of of the weblog posts in your

web site now, and I really like your approach of blogging.
I

bookmarked it to my bookmark web site record and can
be checking back soon. Pls try my web page as effectively and let me know
what you think.
Also see my webpage: notrulestools.com

Anonim
26 Desember 2012 pukul 21.22

I am not sure where you are getting your info, but
good topic. I needs to spend some

time learning much more or understanding more. Thanks
for excellent

information I was looking for this information for my mission.
Feel free to visit my web-site :: Visit Website

28 Desember 2012 pukul 03.29

hi guys, thank's for your visiting. but for next please mention your name and country if you want me to response :)

Anonim
30 Desember 2012 pukul 16.28

Howdy very cool website!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your site and take the feeds

also…I'm happy to find so many

helpful information right here in the submit, we'd

like develop more strategies in this regard, thanks for

sharing. . . . . .
Also visit my site ; forumsneworleans.com

Posting Komentar

Thank's for your comment :)