Sabtu, 06 Oktober 2012 33 komentar

Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Masuk Apoteker ITB




1. Kenapa saya melanjutkan profesi Apoteker di luar universitas saya?
"Kebetulan saya lulus S1 pada bulan Mei, sehingga masih ada kesempatan untuk mencoba profesi di luar universitas saya (Universitas Muhammadiyah Surakarta. Red.). Sebenarnya pilihan saya antara UI dan ITB, yang penting posisinya di daerah jawa barat karena orientasi saya adalah bekerja di industri dimana di daerah jawa barat lebih banyak Industri farmasi dibandingkan dengan jawa tengah ataupun jawa timur sehingga informasinya lebih cepat sampai dan bila kita di panggil diperusahaan yang bersangkutan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Sebagai perbandingan, saya kemarin sempat interview kerja di Cikarang. Bandung-Cikarang hanya 75rb, sedangkan ada teman yang berasal dari Unair (Surabaya) harus menghabiskan uang transport sebesar 750rb. Bayangkan kalau kita harus interview sampai berkali-kali. Rugi bandar -__-'.

2. Kenapa saya memilih Apoteker ITB?
"Hanya satu alasan kenapa saya tidak ingin masuk apoteker ITB dulu -Ujian Apoteker ITB susahnya setengah mati, bahkan ada yang bilang ujian apoteker di ITB adalah ujian tersulit se'asia tenggara (saya kurang tahu kebenaran pastinya)-. Namun keyakinan saya waktu itu "kalau kita bisa masuk, pasti kita juga bisa keluar". Tidak diragukan lagi, beberapa alumni farmasi ITB sudah menjadi orang penting di negara ini, beberapa kisah sukses alumni farmasi ITB dapat dilihat di Galeri Alumni FA/SF ITB dan Cerita Sukses Alumni Farmasi ITB. Karena saya berorientasi bekerja di Industri farmasi, tentunya menambah keinginan saya untuk masuk ITB dimana beberapa alumninya telah mendirikan pabrik farmasi seperti PT. Dexa Medica dan PT. PTI (Wardah Cosmetics). Kalau orientasi saya kearah klinis/rumah sakit tentu saya akan memilih Universitas Airlangga yang terkait masalah klinisnya tidak perlu diragukan lagi :). Dari staf pengajarpun sangat qualified, terdapat 9 profesor di SF ITB ini, beliau-beliau adalah: Asep Gana Suganda, Prof., Dr., Daryono Hadi Tjahjono, Prof. (Dekan Farmasi ITB saat ini), Dr., Slamet Ibrahim Surantaatmadja, Prof. Dr., Elin Yulinah, Prof., Dr. (satu-satunya profesor wanita di SF ITB), Andreanus Andaja Soemardji, Prof., Dr., Sukmadjaja Asyarie, Prof., Dr., Sundani Nurono Suwandhi, Prof., Dr., dan Yeyet Cahyati Sumirtapura, Prof., Dr.



Gedung Yusuf Panigoro, merupakan gedung Sekolah Farmasi ITB dilihat dari dua sudut berbeda
3. Apa yang harus saya persiapkan di Ujian masuk seleksi Apoteker ITB?
Ujian seleksi masuk di ITB diadakan 2 gelombang setiap semesternya. Untuk kuliah bulan oktober, diadakan ujian seleksi pada bulan juli (pendaftaran juni-juli) dan bulan september (pendaftaran agustus-september). Untuk kuliah bulan maret (kalau tidak salah), pendaftaran gelombang pertama pada bulan november-desember dan gelombang kedua desember-januari. Bagaimana gambaran soal ujiannya, silahkan cek di postingan saya terdahulu (Pengalaman Ujian Masuk Seleksi Apoteker SF ITB). Hal-hal yang perlu dipersiapkan:
a. Belajar materi S1 kembali yang terkait dengan bidang yang diujikan H-30 atau H-15 : Biologi Farmasi, Fisikokimia, Farmakologi, dan Farmasetika.
b. Tanya kakak tingkat yang sebelumnya masuk SF ITB mengenai gambaran soal ujian masuk apoteker SF ITB. Bila ada contoh soalnya juga.
c. Selain soal, mintalah juga mengenai bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis), cukup membantu karena teori-teori tersebut merupakan rangkuman dari berbagai buku yang ada dan selalu di re-new setiap pergantian semester.
d. Banyak-banyak berdoa dan minta doa restu orang tua itu sangat amat penting :)
Bagi peserta ujian yang tidak lolos, diberi 1x kesempatan lagi untuk mengikuti ujian pada gelombang selanjutnya. Sebagai gambaran, jumlah mahasiswa apoteker bulan oktober sekitar 100 orang/angkatan (baik dari ITB maupun Non ITB). Sedangkan untuk bulan maret, mahasiswa apoteker berkisar antara 30-40 orang/angkatan. Total biaya yang dikeluarkan adalah 24juta/tahun dan dibayar 12jt setiap semesternya. (untuk biaya pembuatan STRA ketika lulus nanti ada sendiri sekitar 1.2jt).

4. Bagaimana gambaran kuliah Apoteker di ITB?
Sama halnya ketika S1 dulu, metode kuliah bermacam-macam seperti presentasi, diskusi, dan metode ceramah. Terdapat sekitar 34-36 SKS total, mata kuliahnya meliputi: Farmakoterapi, Farmasi Industri, Pelayanan Farmasi, UU kesehatan, Ilmu komunikasi, Integrated Dispensing, Manajemen farmasi, Ujian apoteker, Distribusi dan rantai pasok (mata kuliah pilihan), PKPA Industri farmasi/RS, PKPA Apotek, PKPA Pemerintahan.
Berbeda dengan sistem perkuliahan apoteker di tempat lain, di ITB ini setiap semester perkuliahan dipadatkan menjadi selama 2 bulan (UTS dan UAS berturut-turut dilakukan secara bersamaan) kemudian dilanjutkan dengan PKPA selama 2 bulan, begitu pula dengan semester berikutnya. Ujian apotekernya pun tergolong susah dibandingkand engan ujian apoteker di universitas lain. Selengkapnya baca di Menuju Hari Itu - 31 Juli 2012 -
Serunya, untuk pakaian kuliah bebas, boleh memakai kaos dan jeans. Tidak perlu mengkoleksi pantofel, kemeja dan dasi.. haha. Dari segi soal ujian juga tidak terlalu susah (semuanya ada di buku acuan dan hand out sang dosen), namun grade untuk mendapatkan niliai cukup tinggi yaitu >85

Selamat berjuang bagi teman-teman yang akan masuk Program Profesi Apoteker ITB..

P.S : Cek waktu pendaftaran disini

Baca Selanjutnya : Menggila di TSB

33 Response to Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Masuk Apoteker ITB

23 Januari 2013 pukul 21.21

makasih infonya kak...
mau tanya, kalau buku-buku yang diperlukan untuk profesi apoteker itb yg utk jurusan ppm apa aja ya

26 Januari 2013 pukul 21.48

sama-sama diyanul,
apt itb jg? wah macam2 buku ny, biasa ny pas introduction d sebutin buku2 yg wajib punya dan tidak wajib.

7 Februari 2013 pukul 04.56

maaf kak,
perkenalkan nama saya Nabilah Nadhif dari Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang,

saya ingin sekali melanjutkan profesi apoteker di ITB, saya tertarik dengan "bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis)"
kakak kan sudah lulus profesi apoteker, apa kakak punya bahan2 tersebut.
terima kasih kak,

mungkin untuk informasinya dapat dibalas di email saya "nabilah_n25@yahoo.com"
terima kasih banyak atas bantuannya kakak :)

17 Agustus 2013 pukul 20.18

terimakasih kak infonya , kalo boleh tau disana kan profesi apotekernya dibagi 2 jurusan ya , industri sama klinik .. kaka ambil apa ?

18 Agustus 2013 pukul 06.05

@dina : sama-sama, terima kasih telah berkunjung. saya ambil minat industri..

6 Agustus 2014 pukul 17.15

Maaf ..
Saya berminat dengan jejak kakak..
Apa bisa minta bantuannya share materi belajarx kaka atau contoh2 soalnya dan bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis)

Mohon bantuannya kak.. share ke email saya innachalwayz@yahoo.com

22 November 2014 pukul 06.09

Maaf kak saya septy amelia rizky rambe
Saya sangat berminat dengan jejak kakk untuk memasuki profesi apoteker itb dan ingin bekerja di industri
Apa bisa minta bantuannya share materi belajarx kaka atau contoh2 soalnya dan bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis) dan contoh soal masuk profesi apoteker itb kak ?

Mohon bantuannya kak.. share ke email saya septy.amelia@gmail.com

7 Desember 2014 pukul 06.38

Salam kenal kak,
Saya Ajeng kebetulan berminat masuk ke apoteker itb
Apakah boleh minta share meteri belajarnya untuk masuk itb? Bisa dikirimkan ke email m.ajeng.listyorini@gmail.com
Terima kasih sebelumnya kak :)

23 Desember 2014 pukul 07.17

assalamualaikum.. perkenalkan saya dini, mahasiswi farmasi ums semester 5. sebenernya saya lagi cari jurnal buat tugas pak gunawan (mas tau pak gunawan kan? :D), biasa kalo lg googling tugas malah suka nyelonong mana-mana, aku malah googling apoteker itb, eh nemu blog ini hehehe.
aku terharu bacanya, doakan aku se-sukses mas fairus ya. aamiin.
mas farmasi ums angkatan berapa ya?

28 Januari 2015 pukul 03.20

Halo dini.. sy angkatan 2007. Good luck untuk study nya..

18 Februari 2015 pukul 16.27

Ka untuk biaya masuk plus smt 1 apoteker itb itu brp y?

31 Mei 2015 pukul 16.44

Kak gambaran soalany bgmna ya sy juga alumni UMS.. Bsok 4 juni saya tes 😭😭

31 Mei 2015 pukul 16.57

Mohon bantuannya kak bisa kirim ke alamat email saya embunrafa@gmail.com

5 Agustus 2015 pukul 22.25

Salam kenal kak , saya devi
Saya sgt tertarik dg informasi2 yg kk berikan
Dn saya brminat utk melanjutkan pendidikan apoteker di itb
Apakah saya boleh minta share materi2 bljr masuk itb kak ? Tolong dikirim ke email saya devinovitasari25@gmail.com
Terima kasih kak , sukses selalu :)

30 Januari 2016 pukul 16.39

assalamualaikum.. perkenalkan saya Haqqi, mahasiswi farmasi ums mas
Boleh minta contoh soal2nya ngga mas?

7 Juni 2016 pukul 17.59

Salam kenal kak, nama saya rizky. Sama seperti teman-teman diatas yang begitu berminat masuk profesi apt itb. Bolehkah saya juga meminta contoh2 soal seleksi masuknya ka?

7 Juni 2016 pukul 18.01

Ini alamat email saya kak rizky.rahmadhani.muslim@gmail.com terimakasih sebelumnya kak, maaf merepotkan hehehe

16 Juni 2016 pukul 09.59

Assalamualaikum kak, ada gak ipk minimal untuk bisa kuliah apoteker di itb kak?

16 Juni 2016 pukul 10.00

Assalamualaikum kak, ada gak ipk minimal untuk bisa kuliah apoteker di itb kak?

1 Oktober 2016 pukul 07.30

assalamualaikum kak bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis) kalo ada boleh kirim kak ke apridian27@gmail.com

3 Oktober 2016 pukul 04.14

Assalamualaikum ka saya ingin sekali melanjutkan apoteker di itb, mohon bantuannya ka jika masih ada saya ingin minta bahan ujian apoteker itb (namanya teori sediaan dan teori analisis) kirim ke tuti.stfi@gmail.com . nuhun pisan ka

3 Oktober 2016 pukul 04.32

Assalamualaikum ka saya ingin sekali melanjutkan apoteker di itb, mohon bantuannya ka jika masih ada saya ingin minta bahan ujian apoteker itb (namanya teori sediaan dan teori analisis) kirim ke tuti.stfi@gmail.com . nuhun pisan ka

2 April 2017 pukul 19.16

assalamualaikum
di itb pke toefl juga kan untuk masuk apt ?

30 Juli 2017 pukul 02.30

Assalammualaikum. Kak saya rencana akan kuliah apt di itb. Saya ingin meminta soal ujian masuk apt itb. Jika berkenan bisa kirim ke wahyusrisetiani@gmail.com . Terimakasih banyak sebelumnya kak.��

24 November 2017 pukul 02.25

assalamualaikum kak, pekrnalkan nama saya anisa. Saya berminat utk melankutkan ke apoteker itb kalau boleh mau minta share yg buku bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis) dan soal2 masuk profesi itb kaka kalaj ada. Hehe

ini email saya aryulianaanissa@gmail.com

2 Januari 2018 pukul 21.11

assalamualaikum kak, pekrnalkan nama saya abdurahman. Saya berminat utk melanjutkan ke apoteker itb kalau boleh mau minta share yg buku bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis) dan soal2 masuk profesi itb kaka kalau ada.

12 Mei 2018 pukul 02.13

Kak saya bercita cita untuk kuliah apt di itb. Saya ingin meminta soal ujian masuk apt itb. Jika berkenan bisa kirim ke catherinelau288@gmail.com . Terimakasih banyak sebelumnya kak.

23 Juli 2018 pukul 20.39

Salam kenal kak. Saya sangat ingin sekali untuk masuk apoteker di itb. Jika tidak keberatan boleh saya minta kirim contoh soal masuk apoteker kak? Kirim ke email risnawatifarm@gmail.com

Terimakasih kak. Saya berharap sekali

22 Desember 2018 pukul 09.48

assalamualaikum kak, pekrnalkan nama saya fadila. Saat membaca blog kakak Saya berminat utk melanjutkan apoteker di itb khususnya farmasi industri. kalau boleh mau minta share yg buku bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis) dan soal2 masuk profesi itb kaka kalau ada. Klu boleh kirim ke email fadilaardiyagarini@gmail.com
Terima kasih ka.

24 Oktober 2019 pukul 05.44

Assalamu'alaikum wr. wb. Haiiii salam kenal kak
Maaf saya mengganggu. Kenalin nama saya Anisa, saya salah satu mahasiswa farmasi yang niat pengen lanjut apoteker di ITB :( tapi belum ada kakak tingkat yang berhasil lulus masuk sana 😭😭😭😭 Huhuuu.
Jika boleh di share bagaimana kisi kisi dan bentukan soal ujian masuknya, terimakasih untuk sharingnya kak..

Ini alamat email saya kak : putri.azkia90@gmail.com

24 Januari 2020 pukul 03.19

Kak Fairus.. Saya boleh minta tlg dikirimin materi kuliah apt ITB d smt 2? yang kk bilang penting d pelajari? Terimakasih ka.. jika kk mengirimkan . ini email saya esterpantouw@gmail.com

27 Januari 2020 pukul 21.56

Halo kak fairus, terimakasih utk kak sharingnya. saya mau rencana lanjut tes apoteker ITB, bolehkah aku minta kisi kisi soal ujian masuknya dan teori sediaan & teori analisis smtsr duanya kak jika boleh?

Ini alamat email saya kak : silviay32@gmail.com

Terimakasih kak

14 Februari 2022 pukul 08.00

Halo kak fairus, terima kasih banyak kak atas informasinya. Alhamdulillah dapat informasi tambahan terkait PSPA ITB.

Sebelumnya saya izin meminta bahan ujian apoteker SF ITB semester 2 (namanya: teori sediaan dan teori analisis) kak

Jika berkenan kirim ke email saya kak wadda.nur2@gmail.com .

Terima kasih kak

Posting Komentar

Thank's for your comment :)