Sabtu, 11 Mei 2013 0 komentar

Interview (!)

=====================
Dear Applicant,

Hello, this is Yuichi Nojima from TOP CAREER International, writing to you regarding R*HT* Pharmaceutical's interview.

Congratulations! You have passed CV screening and are now invited to the pre-screening skype/phone interview!

Please reserve an interview slot from the link below BEFORE FRIDAY, MAY 10TH.
http://www.topcareer.jp/inter/counseling/
The schedule shown in the webpage is based on Japan time.
*CAUTION: If you do not reserve your interview by the above deadline, you may lose your opportunity for the interview!
=====================

Ini adalah pesan email yang saya terima 3 hari yang lalu. Sebelumnya saya memang sempat apply di salah satu perusahaan farmasi di Jepang tepatnya di Tatsumi-shi, Ikuno-ku, Osaka. Awalnya saya hanya iseng untuk submit CV tanpa berharap ada kelanjutkan sedikitpun. Keisengan saya timbul karena *salah satunya* penawaran salary yang menarik yaitu sebesar IDR 21,400,000 (JPY 215,800) per month (atau sekitar IDR 395,700,000 (JPY 4,000,000) untuk satu tahun termasuk tunjangan yang diberikan). Namun biaya hidup di kota - kota besar di Jepang 7-10x biaya hidup di kota besar di Indonesia jadi jangan dibayangkan mendapat salari sebesar itu dengan biaya hidup seperti di Indonesia. hehe
Karena di email tersebut disebutkan bahwa interview akan dilakukan melalui skype, saya jadi hectic untuk mengaktifkan kembali skype saya yang sudah "mati suri". Saking lamanya tidak terpakai, jangankan password untuk log in, bahkan ID skype saya pun lupa apa namanya.
Setelah masalah akun skype kelar, proses selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk jadwal interview (terdapat pilihan jam dan hari yang diinginkan applicant).

Jadwal interview yang saya pesan adalah pukul 14.30 - 15.00 (waktu jepang) atau 2 jam lebih cepat di banding tempat saya tinggal saat ini, Bogor. Dan bila sesuai dengan jadwal, proses interview akan berlangsung maksimal selama 30 menit.
*****
-Hari H-
Malam harinya, seharusnya saya meyiapkan diri untuk inteview namun kenyataannya tidak demikian, bahkan saya begadang tidak jelas sampai pukul 2 dini hari. Yang menjadi masalah adalah  interviewer nanti adalah orang Jepang yang notabene bahasa inggrisnya kurang lazim di mengerti karena aksen Jepangnya (is it true? :D)
Parahnya lagi saya bangun pukul 10.00 pagi. Sayapun sempat bela-belain untuk mandi (ketahuan kalau jarang mandi pagi kalau hari libur haha) karena saya khawatir pihak interview memilih untuk melakukan video call (ga lucu kalau muka saya masih kumal gara-gara tidak mandi atau setidaknya cuci muka haha).
Pukul 12.30, panggilan belum juga ada (bahkan skype saya belum juga di confirm terlihat dari tanda (?)). Pukul 12.40 skype salah satu interview yang sudah saya add ke kontak sehari sebelumnya menunjukkan tanda online.
Sayapun mencoba untuk menunggu namun tidak ada panggilan dan akhirnya saya pilih tidur ketiduran saja (!)
30 menit kemudian, finally pihak interviewer memanggil juga (agak lama juga tidak saya angkat karena lupa headset saya ada dimana O___O). Percakapan kami melalui skype hanya sekitar 2-3 menit karena koneksi internet saya yang kurang bagus jdan akhirny dialihkan melalui telp. Berikut interview yang berlangsung 15-20 menit.
Mr. I: Hello, I'm from bla bla bla, are you Mr. Zabadi Fairus?
Me : Yes sir, right..
Mr. I: Ok are you ready for interview? bla bla
Me : Yes, I'm ready for interview. bla bla (masih shock, mencoba memahami omongan si interviewer)
Mr. I: Is it true that you study in bla bla bla? bla bla bla why you want to work in Japan?
Me : bla bla bla (skip, jawaban paling panjang soalnya pertanyaan ini udah saya prediksi bakalan keluar haha)
Beberapa pertanyaan Mr. I:
Mr. I: Do you apply for other company?
Mr. I: So what the most successful experience in your life?
Mr. I: You ever come to Tokushima university for summer program? tell me more?
Mr. I: Did you follow organization/ever to be leader?
Mr. I: Did you get any scholarship?
Mr. I: Tell me about three word that can explain your self? Why we have to accept you?
Mr. I: What's your career plan for future? maybe 5 or 10 years become manager or something?
Mr. I: Ok, that's enough I think, thank you bla bla bla. if you pass this step, you will call next week for interview in Jakarta.. bla bla bla.

Begitulah interview yang saya lalui, karena (salah saya sendiri) tidak mempersiapkan dengan baik jadi saya merasa tidak all out. Dan ternyata tidak mudah "menjual diri" dengan memakai bahasa "bukan" Indonesia :D
Salah satu tampilan website R*HT*

Contoh beberapa produk R*HT*
No matter the results will be good or bad, but this is a new experience for me that obviously goin' to makes my life more colorful.. :)