Sabtu, 28 Januari 2012 0 komentar

- Université de Paris V 'René Descartes' - (Pusatnya Ilmu Farmasi)

Pada postingan ini saya ingin sedikit mereview tentang Universitas ternama di Perancis - Université de Paris -, Kali aja teman-teman berminat untuk belajar di universitas ini :D :D
Universitas yang tahun lalu menduduki urutan ke-207 sebagai universitas terbaik versi www.topuniversities.com ini, pertama kali muncul pada pertengahan abad ke-12 (sudah tua banget yakk..) dan saat ini terdiri dari 13 universitas otonomi (University of Paris I–XIII). Universitas ini seringkali disebut juga sebagai 'La Sorbonne'. Mungkin karena empat diantaranya terletak di Sorbonne.
Gambar diatas adalah gedung Paris-Sorbonne University, sudah tidak asing bukan dengan nama universitas ini? Yap, kita sering mendengarnya di novel Tetralogi Laskar Pelanginya Kang Andrea Hirata, di novel ketiganya: Edensor *Malah promosi novel. haha
***
Kalau di Paris-Sorbonne University (disebut juga Université Paris IV) terkenal sebagai pusatnya art, human science, dan language knowledge, kalau di Rene Descartes University (disebut juga Université Paris V) merupakan pusatnya ilmu medicine dan pharmacy. Nama universitas ini diambil dari nama René Descartes yang merupakan filsuf dan matematikawan Perancis.

Beberapa foto gedung Rene Descartes University (Université Paris V):
Fakultas Farmasi dan Biologinya (Faculte des sciences pharmaceutiques et biologiques de Paris) terletak di jantung kota Paris dekat dengan "Luxembourg Gardens" yang terkenal akan keindahannya itu.
Kalau tidak salah, kurikulum farmasi untuk program sarjana farmasi di universitas ini harus ditempuh minimal selama 6 tahun (padahal di Indonesia saja program sarjana farmasi bisa ditempuh 3.5-4 tahun, haha .. Hebat euy :D ). Selain tingkat Sarjana, di universitas ini juga tersedia program Master dan Doktor.
Secara umum terdapat enam departemen di Fakultas Farmasi dan Biologi, Université Paris V:
   
1. Kimia-fisika obat
   
2. Ilmu farmasi
   
3. Diagnostik dan terapi inovasi
   
4. Perinatal - Mikrobiologi - Obat
   
5. Eksperimental Biologi dan metabolik klinis
    6. Kesehatan Masyarakat dan biostatistik

Untuk melihat secara lengkap tentang profile universitas ini klik saja official webnya (Universite Paris V). Berikut beberapa bangunan dari universitas yang memiliki moto "les sciences de l'homme et de la sante" ini.
Salah satu lorong Universitas Paris V
"Jardine botanique de la Pharmacie".. Keren yakk  :D

Lab. Farmakognosi.. Bangunan ala abad kesembilan belas yang artistik (Jadi inget sama film 'Perfume', hehe.)

Universitas Paris tersebut tetap menjadi salah satu universitas paling terkenal dan prestisius di dunia, dan telah menciptakan pemenang Penghargaan Nobel dari fakultas dan badan pelajarnya, serta beberapa intelektual, politikus teori, ilmuwan, teknisi, fisikawan, teolog, dan artis besar.
Hope someday we can study there.. Will we? :D 

No Response to "- Université de Paris V 'René Descartes' - (Pusatnya Ilmu Farmasi)"

Posting Komentar

Thank's for your comment :)