Senin, 10 September 2012 0 komentar

Profesi baru: Job Seeker

Sebenarnya saya tidak berniat untuk blogging, namun sambil menunggu download'an saya beres, saya coba posting..
*****
Setelah ujian praktek kemarin (tanggal 3-5 september), 3 hari berikutnya saya dan teman-teman sesama job seeker disibukkan dengan adanya campus recruitment beberapa industri farmasi yaitu PT Dexa Group (tgl 6 september), PT Novell Pharmaceutical Laboratories (tgl 7 september), dan PT Kimia Farma Tbk (tgl 8 september).
Walaupun diadakan sehari setelah ujian praktek yang melelahkan, namun teman-teman masih tetep semangat. Ya iyalah dari pada abis lulus nanti masih nganggur gak jelas -__-', bahkan teman saya sudah bekerja H-1 sebelum pengumuman kelulusan. hehe
Di mulai dengan rekruitmen oleh PT Dexa Group, sama seperti rekruitment PT Kalbe Farma pada postingan sebelumnya, kali ini juga di awali dengan tahap berkas dan dilanjutkan dengan tahap psikotes (mulai dari tes kraepelin, tes pengembangan diri, mengarang, tes meneruskan gambar, tes menggambar manusia dan pohon, tes apalagi ya.. lupa hehe). Dari sekitar 60 orang pendaftar, terpilih 20 orang yang lanjut ke interview HRD dan alhamdulliah saya adalah salah satunya. Sebenarnya saya tidak terlalu berharap banyak diterima karena ketika mengerjakan soal psikotes tersebut yang ada dipikiran saya adalah bantal, hehe. Maklum selama 3 hari sebelumnya saya kerja rodi di lab dan tidak bisa *tidak sempat* untuk tidur.
Interview dilakukan sehari setelahnya, saya kebagian di ruang FKK lantai 1 pada jam 10.30. Padahal di hari yang sama diadakan rekruitment PT. Novell Pharmaceutical Lab., karena saya -mau tidak mau- -setuju tidak setuju- harus memilih satu diantaranya, saya pilih untuk ikut interview PT Dexa Group. Sedikit iri *pada awalnya* pada temen-temen yang langsung teken kontrak dengan PT. Novell Pharmaceutical Lab., namun saya yakin Allah sudah menyiapkan jalan yang saya butuhkan bukan jalan yang saya inginkan. :)
*****
Interview hanya berlangsung selama 15 menit, berikut sekilas tentang pertanyaannya:
1. Jelaskan tentang diri anda, keluarga anda, cita-cita anda,dan harapan anda?
2. Kenapa anda memilih untuk bergabung dengan dexa?
3. Kenapa anda memilih posisi Regulatory Affair (RA), Quality Assurance (QA), dan DLBS?
4. Anda menyebutkan bahwa kekurangan anda adalah tidak bisa bernego? padahal untuk posisi RA harus pandai melakukan negosiasi
5.  Jelaskan tentang skripsi anda? dapat nilai apa, A ya? Bagaimana aktivitas antibakterinya?
6. Anda masuk SF ITB dengan beasiwa atau biaya sendiri?
7. Anda bilang anda adalah orang yang dinamis, namun pekerjaan yang anda pilih cenderung kauang dinamis (berhubungan dengan dokumen)?
8. Lupa apalagi -___-'
*****
Sebenarnya ada keuntungan sendiri mengikuti campus recruitment ini. Selain prosesnya yang cepat dan kita tidak perlu repot-repot datang langsung ke tempat si industrinya, biasanya juga disediakan lunch *lumayan lah ya untuk anak kos* hehe.
Hal ini juga berlaku ketika saya mengikuti rekruitment PT Kimia Farma Tbk, makan siang sudah disediakan di luar ruangan haha. Berbeda dengan rekruitment sebelumnya, rekruitment kali ini belum ada sistem gugur, artinya semua peserta setelah selesai psikotes diwawancara semua.
Yang saya rasakan, tesnya mirip seperti psikotes ketika saya mengikuti ujian masuk apoteker di UI mulai dari tes antonim dan sinonim, tes hubungan kata, tes melanjutkan kata, tes mengingat kata, tes aritmatika, tes deret hitung, tes persamaan arti beberapa kata, dll. Tidak lupa juga, tes kraepelin selalu muncul o___O. Selain itu, juga terdapat tes pengembangan diri (PAPI apa PIPA ya namanya, lupa..), tes menggambar orang dan pohon (sudah hafal benar dengan orang dan pohon yang akan saya gambar).
Bebarapa pertanyaan selama wanwancara:
1. Judul TA?
2. Bersediakan anda ditempatkan disalah satu industri kita? (di Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Mojokerto)
3. Ijazah ditahan selama kontrak 3 tahun, bila keluar sebelum kontrak berakhir dikenai sanksi ** juta, bersedia?
4. Mengikuti organisasi apa di kampus dan diluar kampus?
5. Ada 2-3 pertanyaan lagi tetapi saya lupa

Wanwancara hanya sekitar 7 menit, mungkin ibunya sudah capek mewawancarai sekian puluh orang dan kebetulan saya mendapat giliran wawancara agak akhir.
Pekerjaan yang saya inginkan seperti ini, duduk manis dan gak berada di lab haha
Ok sekian dulu postingan saya kali ini, semangat buat para job seeker!

Baca Selanjutnya : Finally, Pengumuman Kelulusan !

Baca Sebelumnya : Best Friend Ever

No Response to "Profesi baru: Job Seeker"

Posting Komentar

Thank's for your comment :)